Emas Menguat Karena Short-Covering, Bargain Hunting; Perak Menguat Tajam

Harga emas ditutup cukup tinggi pada sesi perdagangan AS hari Rabu, karena beberapa short-covering di pasar berjangka dan beberapa bargain-basement buying di pasar tunai, menyusul tekanan jual baru-baru ini yang mendorong harga ke level terendah selama 10 bulan awal pekan ini. Harga perak mencetak keuntungan yang sangat baik hari Rabu. Emas Comex Februari terakhir naik $7,30 per ounce pada $1,177.30. Perak Comex Maret terakhir naik $0,43 pada $17,24 per ounce.

Pasar agak tenang pada Rabu, karena para pedagang dan investor menunggu pertemuan rutin Bank Sentral Eropa hari Kamis. Kebanyakan mengharapkan ECB untuk melanjutkan program pembelian obligasi hingga awal tahun depan, tapi setelah itu ada beberapa ide yang berkembang tentang apa akan ECB lakukan selanjutnya. Pengamat pasar berharap pada pertemuan dan konferensi pers hari Kamis dari Presiden Bank Mario Draghi akan memberikan beberapa petunjuk baru tentang rencana kebijakan moneter ECB untuk 2017. Pertemuan ECB bisa menjadi penggerak pasar hari Kamis.

Pasar juga menunggu pertemuan FOMC Federal Reserve AS pekan depan. Sebagian besar percaya bahwa Fed akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya di tahun ini.

Kunci “outside markets” pada Rabu melihat harga minyak mentah Nymex melemah karena beberapa profit taking dari kenaikan baru-baru ini. Pedagang minyak sedang menunggu hasil pertemuan akhir pekan ini antara OPEC dan produsen minyak non-OPEC di Moskow, mengenai niat kartel untuk melaksanakan pemotongan tingkat produksi minyak. Sementara itu, indeks dolar AS melemah pada perdagangan sore AS.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.