Emas Menguat karena Short-Covering dan Bargain Hunting; Menjelang Pertemuan BOJ dan FOMC

Harga emas dan perak ditutup lebih tinggi di hari Senin pada perdagangan sesi AS, dengan perak membukukan keuntungan yang solid. Short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai yang menjadi faktor utama, setelah tekanan jual baru-baru ini. Emas Comex Desember terakhir naik $7,10 per ounce pada $1,317.20. Perak Comex Desember terakhir naik $0,438 di $19,305 per ounce.

Kunci “outside market” juga dalam posisi bullish harian untuk logam mulia hari Senin, karena indeks dolar AS lebih rendah dan harga minyak mentah yang lebih tinggi. Namun, kenaikan greenback masih memiliki beberapa momentum teknis dan penurunan minyak mentah masih memiliki keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan, yang bisa bekerja melawan pasar logam selama minggu berlangsung.

Para pedagang dan investor di seluruh dunia percaya bahwa pertemuan minggu ini dari Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) tidak akan menghasilkan peningkatan suku bunga, dan yang juga ramah untuk logam berharga. Pertemuan FOMC ini dimulai Selasa pagi dan berakhir Rabu sore. Besar kemungkinan kenaikan suku bunga AS akan terjadi pada Desember, menurut pasar.

Mungkin karena pasar sensitif dengan adanya pertemuan FOMC, Bank of Japan juga bertemu pekan ini untuk membahas kebijakan moneter. Berbeda dengan pertemuan FOMC, tidak ada konsensus yang jelas tentang apa yang akan BOJ lakukan pada kebijakan moneter: tetap seperti itu atau memulai stimulus lebih. Ketidakpastian menjelang pertemuan BOJ ini bisa membuat hasilnya akan lebih besar di pasar daripada pertemuan FOMC. Hasil pertemuan BOJ kemungkinan akan keluar pada Rabu pagi.

Beberapa insiden yang diduga teror di AS tiga hari terakhir belum terlalu mengguncang pasar dunia. Tidak ada kematian yang dilaporkan, namun banyak yang terluka dalam insiden tersebut. Seorang tersangka dalam pemboman New York ini ditangkap pada Senin.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.