‘Emas Menuju ke $1,450’, Meskipun Dolar AS Naik – BAML

Kenaikan pasar komoditi terbentuk dan emas memiliki bagian besar untuk dimainkan, menurut salah satu ahli strategi Bank of America Merrill Lynch (BAML).

Tahun ini, harga emas akan naik melewati level resisten $1,350- $ 1,375, ahli strategi teknis BAML Paul Ciana mengatakan kepada CNBC pada hari Sabtu. Dan dari sana, Ciana menambahkan, logam kuning bisa mencapai $1.450, level di mana emas belum pernah diperdagangkan lagi sejak Mei 2013.

“Segera setelah berada di area $1.350 hingga $1.375 ini, yang saya pikir akan terjadi pada akhir tahun ini kebanyakan ketika dolar rally dan menetralisir, yang menempatkan emas di jalur $1.450 sehingga banyak ruang di sana,” kata Ciana.

“Harga emas telah membentuk basis panjang selama enam tahun,” kata Ciana. “Dalam dunia teknis dikatakan seperti: semakin besar basisnya, semakin tinggi ruangnya. Itulah yang dilakukan emas.”

Harga logam kuning telah menghadapi tekanan penurunan yang signifikan dari penguatan dolar AS beberapa minggu terakhir ini, bahkan berakhir pekan lalu dengan warna merah untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Ketika pasar Asia dibuka pada Senin pagi, emas spot di Kitco.com diperdagangkan datar, terakhir di $1,316.30, naik 0,09% pada hari itu, sementara emas berjangka Comex Juni terakhir di $1,317.30, naik 0,20% pada hari itu.

Indeks dolar AS pekan lalu berakhir di 92,61 – tingkat tertinggi 2018. Senin pagi, indeks terakhir berada di 92,56, naik 0,16% pada hari itu.

Tapi, Ciana yakin bahwa dolar AS tidak akan menjadi rintangan lebih lama lagi, karena ia melihat greenback dan emas naik pada saat yang sama.

“Ketika kondisi keuangan AS sedang mengencang, seperti saat ini, dibandingkan dengan 2015, awal tahun 2015, harga emas benar-benar naik sekitar 12 persen dan indeks dolar telah naik sekitar 6 persen,” jelas Ciana. “Ada situasi di mana mereka berdua bisa bergerak bersama-sama untuk waktu yang singkat.”

Pergerakan naik emas bersama dengan dolar AS hanya sementara saja dan kemudian hubungan terbalik akan sekali lagi mengalahkan faktor-faktor lain, tambah Ciana.

Bukan hanya emas yang diharapkan naik, ahli strategi menunjukkan, menyatakan bahwa rally logam kuning akan menjadi bagian dari “gambaran besar” untuk komoditas secara umum.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.