Emas menuju penurunan terbesar sejak Juni 2013

SINGAPURA. Emas diperdagangkan mendekati level terendah lebih dari lima tahun ini, Senin (30/11). Harga kontrak emas untuk pengiriman segera diperdagangkan sedikit berubah pada level US$ 1.057,53 per troy ounce pukul 8.59 waktu Singapura.

Akhir pekan lalu, Jumat (27/11), emas jatuh ke level terendah sejak Februari 2010 di level US$ 1.052,83. Asal tahu saja, emas telah turun 7,4% bulan ini dan menuju penurunan terbesar sejak Juni 2013.

Memudarnya kemilau emas seiring prospek yang lebih tinggi biaya pinjaman AS mendongkrak dollar dan memaksa investor untuk mengurangi kepemilikan. Data Non-farm payrolls AS untuk November pekan ini akan membantu membentuk keputusan pada tingkat suku bunga pembuat kebijakan Fed bulan depan.

Pada hari Kamis, Bank Sentral Eropa dapat mengurangi suku bunga deposito dan memperluas program pembelian aset kawasan untuk membantu pemulihan di kawasan tersebut.

Gubernur Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk tampil di depan Kongres pekan ini dalam komentar yang akan dicermati sebagai petunjuk tentang prospek kebijakan.

Suku bunga yang AS lebih tinggi meningkatkan dollar dan mengurangi daya tarik emas karena ketidakmampuannya membayar bunga.  (investasi.kontan.co.id)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.