Emas Menurun Ditengah Banyaknya Penurunan Yang Terjadi di Berita-Berita di Pasar, Minyak Melemah

Harga emas ditutup melemah pada sesi perdagangan AS hari Senin, namun naik dari harga rendah harian. Tidak ada kenaikan perkembangan mendasar baru yang memungkinkan harga emas bergerak dari sideways menjadi lebih rendah. Rally yang baru-baru ini terjadi di pasar saham dunia juga membuat logam safe haven melemah, seperti menunjukkan bahwa tidak banyak risk aversion di pasar saat ini. Emas Comex Agustus terakhir turun $3,40 per ounce pada $1,320.00. Perak Comex September terakhir turun $0,014 di $19,675 per ounce.

Kunci “outside market” pada Senin melihat indeks dolar AS melemah dan harga minyak mentah Nymex juga lebih rendah. Minyak mentah berjangka Nymex mencapai harga rendah selama tiga bulan sedikit di atas $43,00 per barel. Jika harga minyak terus dengan tren yang lebih rendah, maka ini akan menjadi faktor bearish (penurunan) yang signifikan untuk seluruh sektor komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Titik fokus pasar pekan ini adalah pertemuan U.S.  Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) pada Selasa dan Rabu, dan juga pertemuan kebijakan moneter Bank of Japan yang akan diadakan pada hari Kamis dan Jumat. Tidak ada perubahan yang diharapkan pada kebijakan moneter AS minggu ini, namun diharapkan BOJ akan mengumumkan paket stimulus kebijakan moneter baru.

Data ekonomi AS yang rilis pada Senin adalah termasuk data yang ringan dan data ini termasuk juga survei prospek manufaktur Texas. Namun, laju laporan akan naik secara signifikan pada Selasa.

Z


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.