Emas Menurun Ditengah Kurangnya Risk Aversion di Pasar Dunia

Harga emas melemah pada awal perdagangan AS hari Jumat. Rally yang terjadi baru-baru ini di pasar saham dunia membuat logam safe haven ini menurun, seperti yang terjadi, risk appetite investor telah kembali pulih sejak akhir Juni saat voting Brexit terjadi. Emas Comex Agustus terakhir turun $7,70 per ounce pada $1,323.30. Perak Comex September terakhir turun $0,08 pada $19,74 per ounce.

Kebanyakan pasar saham dunia melemah semalam karena profit taking dari kenaikan yang terjadi baru-baru ini dan melemahnya beberapa data ekonomi UK. Dan beberapa pengamat pasar sedikit kecewa dengan Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa karena tidak melakukan pengumuman minggu ini, atau mengisyaratkan, langkah-langkah kebijakan stimulus moneter yang baru. Indeks saham AS menguat ketika sesi AS dimulai di New York.

U.K. purchasing managers’ survey (PMI) dibuka pada 47,7 pada bulan Juli-angka terendah dalam tujuh tahun. Angka di bawah 50,0 menunjukkan kontraksi. Laporan tersebut menunjukkan bahwa voting Brexit membuat banyak manager pembelian khawatir. Sementara itu, komposit Markit PMI Euro Zone jatuh ke 52,9 pada Juli dari 53,1 pada bulan Juni. Angka pada 52,4 adalah yang diharapkan. Laporan itu dianggap optimis karena voting Brexit tampaknya tidak berdampak signifikan terhadap keputusan manager pembelian Euro Zone.

Kunci “outside market” pada Jumat melihat index dollas AS menguat dan harga minyak mentah Nymex sedikit menguat.

Z


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.