Emas Menurun, Menyentuh Harga Terendah Selama 10 Bulan; Rally Minyak Tidak Membantu

Harga emas ditutup sedikit rendah pada perdagangan pagi AS dan tenggelam ke nilai terendah selama 10 bulan lagi. Postur teknis untuk pasar emas dan perak tetap bearish. Pada dasarnya, optimisme pedagang dan investor tetap tinggi yang mana berdampak negatif untuk safe haven emas. Emas Comex Februari terakhir turun $4,50 per ounce pada $1,169.40. Perak Comex Maret terakhir naik $0,043 di $16,525 per ounce.

Kunci “outside markets” pada hari Kamis berada dalam posisi bullish untuk pasar logam berharga, tapi hal itu tidak membantu emas dan sedikit baik untuk perak. Hal ini menunjukkan penjualan berbasis grafik berada dalam kendali kuat pasar tersebut saat ini. Pasar minyak mentah sekali lagi naik tajam dan membukukan keuntungan besar hari Rabu, setelah perjanjian pemotongan produksi minyak OPEC. Harga minyak telah rally sekitar 15% dari nilainya hanya dalam dua sesi. Sementara itu, indeks dolar AS lebih rendah hari ini karena kemunduran korektif dari kenaikan baru-baru ini. Bullish greenback masih memiliki keuntungan teknis jangka pendek solid karena harga indeks dolar AS pekan lalu mencapai harga tinggi selama 13 tahun.

Berita penting berikutnya untuk pasar dunia adalah referendum Italia hari Minggu untuk reformasi konstitusi. Suara “tidak” pada reformasi bisa menempatkan Italia sebagai pelanggar aturan Uni Eropa. Suara “tidak” juga bisa mendukung pasar emas karena ketidakpastian mungkin akan menyelimuti orang-orang Eropa.

Pedagang dan investor sedang menunggu laporan pekerjaan AS pada Jumat pagi untuk November dari Departemen Tenaga Kerja. Angka non-farm payrolls diperkirakan akan naik sekitar 180.000.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.