Emas Menyentuh Harga Terendah Selama 10 Bulan, Namun Kemudian Rebound

Harga emas ditutup sedikit lebih rendah di perdagangan AS dan naik dari harga rendah harian pada Senin, setelah menyentuh harga terendah selama 10 bulan pada pagi hari. Emas Comex Februari terakhir turun $2,70 per ounce pada $1,175.10. Perak Comex Maret terakhir naik $0.013 pada $16.845 per ounce.

Kunci “outside markets” hari Senin mendukung kenaikan logam berharga, dan hal itu yang membuat bouncing di harga emas dan perak saat sesi perdagangan berlangsung.
Pasar minyak mentah sedikit lebih tinggi, dengan Nymex berjangka mencapai harga tertinggi selama enam minggu, karena tindak lanjut kenaikan pekan lalu ketika harga naik 12%. Sementara itu, indeks dolar AS diperdagangkan melemah tajam hari ini (5/12) karena terjadi kemunduran korektif dari kenaikan baru-baru ini. Kerugian besar hari ini untuk greenback merupakan petunjuk bahwa indeks dolar bisa dimasukkan ke dalam daftar pasar jangka pendek dengan kenaikan yang baru-baru ini terjadi.

Pada awalnya, emas melihat tekanan jual menyusul referendum Italia pada hari Minggu untuk reformasi konstitusi yang banyak diantisipasi dan menghasilkan suara “tidak”. Perdana menteri Italia segera mengundurkan diri. Banyak pasar awalnya berputar-putar karena berita tersebut, tapi dengan cepat kembali normal dan bergerak tidak terpengaruh dengan berita tersebut. Dengan dukungan pemerintah, suara “tidak” adalah yang diharapkan oleh pasar. Namun, perkembangan terakhir ini adalah tanda lain dari ketidakamanan Uni Eropa dan berpotensi untuk fragmentasi lanjutan dari Uni Eropa. Pemungutan suara Italia ini sangat mengkhawatirkan bagi perbankan Eropa dan sektor keuangannya.

Mata uang Euro awalnya merosot ke harga terendah selama 20 bulan karena suara “tidak” untuk Italia, tapi dengan cepat pulih dari kerugian itu dan diperdagangkan dengan lebih tinggi pada hari itu (5/12). Pasar saham Eropa sebagian besar lebih tinggi pada Senin. Ini adalah skenario klasik “sell the rumor, buy the fact”, karena pasar saham Eropa telah melihat tekanan jual pada hari Minggu karena pemungutan suara Italia.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.