Emas Menyentuh Level Terendahnya Selama 3,5 Bulan Semalam; Trading AS Rebound

Harga emas ditutup sedikit naik di akhir perdagangan awal AS pada hari Rabu, setelah mencetak level terendahnya selama 3,5 bulan karena aksi semalam (5/7). Beberapa short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai muncul menyusul tekanan jual semalam. Sementara itu, harga perak merosot ke level terendah selama 14 bulan di tengah postur teknis penurunan jangka pendek. Emas Comex August terakhir naik $3,50 per ounce di $1,222.80. Perak Comex September terakhir turun $0.122 pada $15.965 per ounce.

Suasana geopolitik dunia telah memanas lagi dan itu juga menguntungkan emas safe haven pada hari Rabu. Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya memiliki rudal balistik antar benua yang menurut rezimnya dapat mencapai di manapun di dunia. AS tampaknya mengkonfirmasi bahwa Korea Utara baru saja meluncurkan rudal balistik antar benua. Ini menghancurkan negara AS dan negara-negara Barat lainnya. Administrasi Trump ingin mengambil garis keras melawan Korea Utara, namun pilihannya sangat terbatas. Hal ini kemungkinan akan memburuk sebelum membaik.

Pada saat tulisan ini di buat (5/7) para pedagang sedang menunggu rilisnya risalah terbaru dari pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) bulan Juni. Pedagang akan mengurai laporan untuk setiap petunjuk baru mengenai arah dan waktu berkaitan dengan langkah kebijakan moneter AS. Gagasan tentang Federal Reserve AS yang lebih hawkish juga membuat pasar logam mulia menurun, saat ini.

Kunci “outside market” pada hari Rabu melihat harga minyak mentah berjangka Nymex turun tajam di tengah banyaknya pasokan global. Penurunan tajam di harga minyak saat ini membebani sebagian besar sektor komoditas mentah, termasuk logam mulia. Sementara itu, indeks dolar AS sedikit lebih tinggi hari ini (5/7), karena short covering yang terus terjadi setelah harga menyentuh level terendahnya selama sembilan bulan minggu lalu. Penuruna greenback masih memiliki keunggulan teknis jangka panjang secara keseluruhan.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.