Emas Menyukai Apa Yang Dikatakan Ketua Fed Powell

Meskipun turun puncak hariannya, harga emas mendekati level tertinggi baru selama delapan bulan karena Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan bahwa tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

Pada satu titik, harga emas naik hampir 1% pada hari itu, bereaksi terhadap komentar Powell yang relatif dovish. Meskipun Powell memulai konferensi pers pertama bank sentral tahun ini, ekonomi berada di tempat yang baik, dia segera menambahkan bahwa pertumbuhannya lebih lambat dari tahun lalu.

Emas berjangka April terakhir diperdagangkan pada $ 1,324.70 per ounce, naik 0,72% pada hari itu.

Powell menyoroti risiko pertumbuhan global, menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di China dan Eropa membawa implikasi penting bagi ekonomi AS.

Komentar itu muncul setelah Federal Reserve membiarkan suku bunga tidak berubah antara 2,25% dan 2,50%, yang menyatakan bahwa akan “sabar” perihal arah kebijakan moneter masa depan.

“Kasus kenaikan suku bunga telah berkurang,” kata Powell selama konferensi pers. “Saya perlu melihat alasan kenaikan suku bunga lebih lanjut yang harus mencakup inflasi yang lebih tinggi.”

Powell menambahkan bahwa lintas-arus global, seperti negosiasi perdagangan dan ketidakpastian Brexit, dapat bertahan untuk sementara waktu.

Sementara perdagangan emas bergerak lebih tinggi selama komentar Powell berlangsung, langkah terbesar terjadi ketika Powell berbicara tentang rencana pengurangan neraca bank sentral. Setelah pertemuan kebijakan moneter sebelumnya, Powell mengatakan bahwa rencana pengurangan neraca berjalan adalah secara otomatis.

Namun, ia telah mengubah nadanya, mengatakan bahwa neraca akan berakhir lebih cepat dan ukurannya akan lebih besar dari yang diperkirakan.

“Fed tidak akan menggunakan program neraca sebagai alat kebijakan moneter aktif, tetapi akan melakukan penyesuaian jika kondisi memungkinkan,” katanya.

Avery Shenfeld, ekonom senior di CIBC World Markets, mengatakan bahwa seluruh konferensi pers dan pernyataan kebijakan moneter adalah “perubahan besar” untuk pertemuan hanya satu bulan bulan lalu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.