Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

Emas kurang lebih tetap sama pada saat sesi dari minggu lalu berakhir. Emas spot turun, tetapi kontrak berjangka bulan April naik. Banyak yang mengatakan fluktuasi emas yang menjadi penyebabnya. Baik West Texas Intermediate dan Brent North Sea turun kira-kira 3%. Namun, meskipun penurunan harga minyak yang tajam, saham berjalan relatif tanpa terjadi penurunan.

Meskipun rally emas yang mengesankan selama empat minggu berakhir pada minggu lalu, para analis melihat volatilitas pasar saham masih mendukung harga metal tersebut.

Emas berjangka bulan April di Comex pada hari Jumat lalu mengakhiri sesi ditutup di $1,230.80 per ons, hanya turun 0.44% selama minggu lalu.

Perak juga mengakhiri rallynya selama empat minggu dengan perak berjangka bulan Maret di Comex mengakhiri sesi Jumat ditutup di $15.373 per ons.

Investor dan para analis kelihatannya mengabaikan performance emas yang sedikit negatif pada minggu yang lalu dengan sentimen positip tetap tinggi, menurut Kitco News Wall Street yang terbaru vs hasil Main Street Gold Survey.

Minggu ini, 1,036 orang memberikan suara di survei online Kitco, dimana 739 partisipan, atau 71%, berkata mereka bullish terhadap emas pada minggu ini. Ini adalah pertama kalinya survei mendapatkan kurang dari 80% yang memberikan suara bullish dalam empat minggu. Pada saat yang bersamaan, 197 orang, atau 19%, berkata mereka bearish terhadap emas pada minggu ini, dan 100 orang, atau 10%, adalah netral.

Mayoritas analis pasar juga memperkirakan harga emas akan bergerak naik lebih tinggi dalam jangka pendek. Dari 34 expert pasar yang dikontak, 17 merespon, dimana 10, atau 59%, berkata mereka memperkirakan harga emas akan naik lebih tinggi pada minggu ini. Pada saat yang bersamaan, 4 profesional, atau 24%, berkata mereka melihat harga akan turun lebih rendah dan 3 analis, atau 18%, netral terhadap pasar emas. Partisipan pasar termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan technical-chart analysts.

Kebanyakan analis mencatat bahwa harga emas pada minggu lalu berada pada konsolidasi yang sehat setelah parabolic dua minggu yang lau naik ke ketinggian selama 12 bulan. Fakta bahwa emas dapat bertahan diatas support awal di $1,200 per ons dan ditutup dekat resistance tehnikal di $1,232 per ons menunjukkan bahwa pasar emas memiliki suatu ketangguhan. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.