Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

Harga minyak, tingkat bunga AS dan dolar diperkirakan akan mendominasi pasar pada minggu depan, dengan optimisme yang tinggi bahwa rally emas yang telah berlangsung selama dua minggu akan terus berlangsung.

Tidak hanya emas spot naik selama dua minggu berturut-turut, tetapi emas berjangka juga mengakhiri bulan terbaiknya sejak Januari 2015. Emas berjangka bulan April di Comex mengakhiri sesi Jumat dengan harga settlement di $1,116.40 per ons, naik 1.7% untuk seminggu dan lebih dari 5% untuk sebulan.

Harga perak juga mengalami kenaikan yang signifikan, di settled di sesi hari Jumat pada $14.243, naik 1.2% untuk seminggu dan 3% untuk sebulan.

Untuk minggu kedua berturut-turut, survei online Kitco menunjukkan mayoritas yang massif dari investor ritel berpandangan bullish terhadap emas dalam jangka pendek. Minggu ini 994 orang memberikan suara di survei online. Dari jumlah ini, 810 atau 81% – persentase yang sama dengan survei pada minggu yang lalu – mengatakan mereka bullish terhadap harga emas pada minggu ini. 112 orang atau 11% berkata bearish dan hanya 72 orang atau 7% yang berkata netral.

Sentimen diantara professional pasar juga positip, sekalipun lebih rendah daripada segmen ritel dan turun dari minggu sebelumnya. Dari 34 expert pasar yang dikontak, 17 memberikan respon, dimana 10 atau 58%, berkata mereka memperkirakan harga emas akan naik pada minggu ini. Empat professional atau 24% mengatakan harga akan turun sementara 3 orang atau 18% netral. Partisipan professional pasar ini termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan analis tehnical-chart. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.