Emas Naik karena Greenback Melemah

Harga emas ditutup menguat pada sesi perdagangan AS dan mencapai harga tinggi selama tiga pekan pada Selasa. Emas dan harga logam mulia lainnya naik karena didukung oleh indeks dolar AS yang merosot. Postur teknis jangka pendek untuk pasar logam mulia juga sepenuhnya bullish, yang mengundang minat beli berbasis grafik. Emas Comex Desember terakhir naik $12,90 per ounce pada $1,372.50. Perak Comex September terakhir naik $0,19 pada $20,69 per ounce.

Kunci “outside market” pada Selasa melihat indeks dolar AS melemah dan mencapai harga rendah selama lima minggu. Greenback merosot setelah mencapai harga tinggi selama empat bulan pada minggu lalu. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan mencapai harga rendah selama empat bulan. Harga minyak mengalami tren turun, dengan Nymex berjangka diperdagangkan di bawah $40.00 per barel.

Sebagian besar pasar saham global melemah pada Selasa, karena turunnya harga minyak mentah yang mana berdampak negatif bagi ekuitas, pada umumnya, dan menggambarkan bahwa tekanan harga deflasi masih bermasalah dalam perekonomian dunia. Melemahnya harga minyak dunia juga berdampak negatif bagi sektor komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Sebagian saham Eropa turun karena munculnya kekhawatiran tentang kesehatan bank-bank di Italia. Saham Asia agak tertekan setelah pemerintah Jepang meluncurkan program stimulus ekonomi terbarunya. Paket $274 milyar itu lebih sedikit dari yang diharapkan oleh pengamat pasar Asia.

Bank sentral Australia memangkas suku bunganya ke rekor yang rendah pada Selasa, seperti yang diharapkan oleh pasar. Akan ada juga pertemuan bank sentral UK dan Thailand pekan ini, yang akan diawasi ketat oleh pasar.

Zona Euro mendapatkan beberapa data ekonomi yang bagus pada Selasa ketika indeks harga produsen di kawasan itu mengalami kenaikan pada Juni sebesar 0,7% dari bulan ke bulan, yang mana kenaikan ini lebih dari yang diharapan. Indeks tersebut turun 3,1%, dari tahun ke tahun, yang juga lebih dari yang diharapan.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.