Emas Naik karena Greenback Terus Menurun

Harga emas ditutup sedikit naik pada sesi perdagangan pagi AS hari Selasa. Melemahnya indeks dolar AS awal pekan ini adalah yang menopang pasar logam mulia. Terdapat juga beberapa permintaan safe-haven yang terjadi hari ini karena pasar saham AS lebih rendah. Kontrak berjangka emas Comex bulan April naik $4,70 per ounce di $1,331.00. Perak Comex Maret terakhir turun $0,02 di $16,55 per ounce.

Pasar saham dunia ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang mengalami penurunan, namun sebagian besar lebih rendah pada hari Selasa. Kekhawatiran tentang kenaikan inflasi dunia membuat trader pasar saham dan investor gelisah. Mereka juga masih khawatir dengan volatilitas harian yang tinggi yang kembali terjadi di pasar saham. Sepertinya volatilitas yang tinggi di pasar saham ini belum lenyap begitu saja. Dan juga bahwa kenaikan yang terus terjadi di pasar saham telah berakhir – berdasarkan pada kerusakan teknis yang sangat serius yang ditimbulkan pada grafik indeks saham AS baru-baru ini.

Kunci “outside market” pada hari Selasa melihat indeks dolar AS lebih rendah karena penurunan (bear) telah mendapatkan kembali momentum downside-nya awal minggu ini. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex hampir stabil. Badan Energi Internasional (International Energy Agency) pada hari Selasa memperingatkan kenaikan besar produksi minyak serpih AS akan menurunkan harga minyak tahun ini dan mengenyahkan pasar minyak dunia. Pasar minyak mentah nampaknya telah “berguling” di daily chart, dan menyarankan bahwa pasar akan naik untuk jangka pendek.

Laporan penting ekonomi AS minggu ini adalah laporan indeks harga konsumen (consumer price index) pada hari Rabu. CPI untuk bulan Januari diperkirakan akan naik 0.4% dari Desember dan naik 1,9% dari tahun ke tahun. Hari ini, pemerintah Inggris melaporkan inflasi konsumen tahunan bulan Januari naik 3.0%, yang lebih tinggi dari perkiraan.

Secara teknis, harga emas berjangka April menutup sesi pagi dengan mendekati sesi high. Kenaikan emas memiliki keunggulan teknis jangka pendek hampir keseluruhan, namun perlu menunjukkan kekuatan yang lebih besar untuk menjaga posisinya tersebut. Tren turun selama tiga minggu sudah ada di bar chart harian. Kenaikan harga breakout objektif emas jangka pendek selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid di $1,350.00. Penurunan harga breakout objektif jangka pendek selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid di $1.300,00. Resistensi pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $1,333.50 dan kemudian di $1,340.00. Support pertama terlihat di level rendah hari ini di $1,323.70 dan kemudian di level terendah minggu ini di $1,316.30.

Harga perak berjangka Maret ditutup dekat mid-range hari ini. Penurunan perak masih memiliki keuntungan teknis jangka pendek keseluruhan. Kenaikan harga breakout objektif perak selanjutnya adalah penutupan harga di atas resistance teknis yang solid pada $17.00 per ounce. Penurunan harga breakout objektif selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid di $16.00. Resistensi pertama terlihat di level tinggi hari ini di $16,645 dan kemudian di $16,75. Support berikutnya terlihat pada level rendah hari ini di $16,41 dan kemudian pada level rendah minggu ini $16,28.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.