Emas Naik karena Short Covering, Terdapat Beberapa Permintaan Safe-Haven

Harga emas ditutup cukup tinggi pada sesi perdagangan AS karena rebound korektif dari tekanan jual baru-baru ini yang melihat harga menyentuh harga terendah selama 3 pekan hari Jumat lalu. Indeks dolar AS yang rendah pada hari ini juga dibantu kenaikkan logam berharga di pasar. Bahkan ada sedikit permintaan safe-haven yang terlihat di pasar emas. Emas Comex April terakhir naik $7,30 per ounce pada $1,198.30. Perak Comex Maret terakhir turun $0,001 di $17,135 per ounce.

Pasar di Cina, Hong Kong dan Korea Selatan ditutup pada hari Senin untuk liburan Tahun Baru Imlek.

Indeks dolar AS dibuka sedikit lebih tinggi pada Senin pagi, karena bouncing korektif setelah menyentuh harga terendah selama enam pekan, pekan lalu. Namun, greenback memudar saat sesi perdagangan siang AS berjalan, jatuh ke tingkat yang lebih rendah di perdagangan sore. Indeks dolar berada dalam downtrend harga jangka pendek.

Kunci “outside market” lainnya pada hari Senin melihat harga minyak mentah Nymex diperdagangkan lebih rendah pada sore hari (30/1). Jumlah rig terbaru AS menunjukkan produksi minyak AS terus meningkat, yang membatasi upside dalam minyak mentah. Produksi minyak AS saat ini sekitar 9 juta barel per hari dan terus meningkat.

Data kunci AS minggu ini termasuk pertemuan FOMC pada hari Selasa dan Rabu, dan laporan situasi kerja Departemen Tenaga Kerja pada Jumat pagi.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.