Emas Naik ke Harga Tertinggi Selama 2,5 Bulan. Meningkatnya Pemintaan Safe-Haven, Greenback Melemah

Harga emas lebih tinggi dan mencapai harga tertinggi selama 2,5 bulan di awal perdagangan pagi AS hari Kamis. Permintaan safe haven di tengah pasar saham dunia yang goyah dan dolar AS yang melemah terhadap mata uang utama dunia lah yang mendorong pasar logam mulia. Emas Comex April terakhir naik $16,40 per ounce pada $1,224.60. Perak Comex Maret terakhir naik $0,25 pada $17,70 per ounce.

Pasar sedang disibukkan dengan percakapan perdebatan antara Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull, mengenai pengungsi di Australia yang akan menuju AS. Ketidakpastian mengenai presiden AS dan pemerintahannya yang baru disalahkan karena berdampak pada bergejolaknya saham dunia dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini lah yang menguntungkan pasar emas safe haven.

Setelah para pedagang dan investor memiliki kesempatan untuk memikirkan pernyataan FOMC dari Federal Reserve AS pada Rabu sore, sebagian besar menganggap bahwa laporan ini sedikit dovish untuk kebijakan moneter AS. Hal ini berdampak bullish untuk sektor komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Dalam berita semalam (2 Feb), indeks harga produsen zona Euro dilaporkan naik 0,7% untuk bulan Desember dan naik 1,6% dari tahun ke tahun. Angka-angka tersebut sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan dan sejalan dengan gagasan dari meningkatnya tekanan inflasi dunia.

Bank Inggris mengadakan pertemuan kebijakan moneter reguler hari Kamis dan menetapkan bahwa suku bunga tidak berubah, seperti yang diharapkan.

Indeks dolar AS lebih rendah dan menyentuh harga terendah selama 2,5 bulan pada awal perdagangan AS hari Kamis. Indeks dolar berada dalam downtrend selama empat minggu di bar chart harian dan greenback mengalami penurunan.

Kunci “outside market” lainnya pada hari Kamis melihat harga minyak mentah Nymex diperdagangkan lebih tinggi. Setelah satu bulan membatasi produksi minyak mentah kolektif, kartel minyak OPEC muncul untuk membantu menstabilkan harga minyak dunia, yang diperdagangkan antara $50 dan $55 per barel di Nymex berjangka.

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.