Emas Naik Ke Level Tertingginya Selama Sebulan

Harga emas naik ke tingkat tertingginya dalam sekitar satu bulan di perdagangan Eropa pada hari Senin, karena pelaku pasar melihat bahwa minggu ini adalah minggu yang sibuk untuk peristiwa ekonomi, termasuk keputusan kebijakan Federal Reserve dan data pertumbuhan kuartal kedua AS.

Emas berjangka Comex menyentuh level tertinggi sejak 26 Juni di $1,257.41 per troy ounce dalam perdagangan semalam. Level terakhir di $1,253.21 oleh 2:50 ET (0650GMT), turun $1,60, atau sekitar 0,1%.

Harga membukukan kenaikan lebih dari 2% minggu lalu, karena gejolak politik yang sedang berlangsung di Gedung Putih dan kelemahan dolar AS mendorong permintaan haven untuk logam mulia tersebut.

Dalam minggu ini, pasar keuangan global akan fokus pada hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve hari Rabu untuk wawasan baru mengenai waktu kenaikan suku bunga AS selanjutnya dan petunjuk bagaimana bank sentral berencana untuk mengembalikan neraca besarnya.

Juga ada beberapa laporan utama ekonomi AS, dan yang terpenting adalah PDB kuartal kedua yang akan jatuh tempo pada hari Jumat.

Selain laporan PDB, kalender minggu ini juga dilengkapi data AS mengenai penjualan rumah lama dan baru, serta kepercayaan konsumen, pesanan barang tahan lama dan klaim pengangguran mingguan.

Menurut Investing.com’s Fed Rate Monitor Tool, keyakinan untuk kenaikan suku bunga lagi sebelum akhir tahun ini telah memudar, dengan hanya 35% pelaku pasar mengharapkan langkah lain pada bulan Desember, karena prospek inflasi yang melemah menimbulkan keraguan apakah pembuat kebijakan akan dapat untuk tetap mengikuti jalur pengetatan yang direncanakan.

Logam mulia sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan untuk kepemilikan aset yang tidak menghasilkan seperti bullion.

Berita utama yang akan rilis adalah dari Washington, di mana Senat diharapkan terus berupaya mencabut Obamacare. Penyelidikan terhadap hubungan kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Rusia akan terus mendapat perhatian.

Di tempat lain di Comex, harga perak berjangka turun 3,9 sen atau sekitar 0,2% menjadi $16,41 per troy ounce, setelah mencapai level tertingginya selama tiga minggu di $16,51.

Di antara logam mulia lainnya, platinum turun 0,3% pada $934,85, sementara paladium turun 0,2% menjadi $842,30 per ounce.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.