Emas Naik, Menampilkan Tanda Awal Market Bottom

Harga emas membukukan keuntungan baik di perdagangan sore AS hari Senin, sedangkan perak hanya naik tipis. Beberapa berita ekonomi positif yang keluar dari China, importir logam utama, membantu mengangkat pasar logam hari ini. Juga, terjadi beberapa short covering di pasar emas dan perak berjangka mengikuti tekanan jual baru-baru ini. Bearish di pasar emas dan perak nampak kelelahan, yang menunjukkan bahwa pasar sudah tidak bisa turun lagi (market bottom). Emas berjangka Desember bertahan hingga $10.20 per ounce di $1,194.40. Perak Comex September bertahan hingga $0,044 pada $14.675 per ounce.

Pasar valuta asing stabil awal pekan ini menyusul gejolak baru-baru ini yang terutama adalah kesalahan dari lira Turki yang sangat terdepresiasi. Yuan China naik hari ini karena laporan pejabat ekonomi China ingin merangsang pengeluaran pada proyek infrastruktur. Akhir pekan lalu juga dilaporkan bahwa AS dan China akan memulai pembicaraan perdagangan tingkat rendah akhir bulan ini, untuk mencoba menyelesaikan perang dagang mereka saat ini.

Highlight pada minggu perdagangan ini adalah pertemuan tahunan para bankir sentral dunia di Jackson Hole, Wyoming, akhir pekan ini. Risalah FOMC Fed juga akan dirilis Rabu sore.

Outside market utama hari ini menemukan indeks dolar AS mendekati stabil dan tidak jauh di bawah level tinggi selama 14 bulan minggu lalu. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih kuat dan diperdagangkan tepat di atas $66,00 per barel. Harga minyak mencapai level terendah selama tujuh minggu akhir pekan lalu dan masih cenderung lebih rendah lagi.

Tidak ada data ekonomi utama AS yang akan dirilis pada hari Senin.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.