Emas Naik, Mencapai Harga Tertinggi Selama 4 Pekan; Mendekati Harga $1,300

Pada akhir perdagangan AS hari Selasa, harga emas meningkat dan mencapai harga tinggi selama empat pekan. Logam kuning sekarang mulai memasuki harga $1,300.00. Indeks dolar AS yang melemah pada hari ini memberikan dorongan untuk pasar logam mulia. Chart jangka dekat untuk pasar emas dan perak juga menjadi lebih bullish, yang mengundang minat beli teknis baru. Emas Comex Desember terakhir naik $18,30 per ounce pada $1,291.30. Perak Comex Desember terakhir naik $0,654 di $18,45 per ounce.

Polling terbaru dalam pemilihan presiden AS juga menunjukkan ketatnya persaingan antara Hillary Clinton dan Donald Trump. Trump mengejar ketinggalan karena pemilu sudah kurang satu minggu lagi yang juga bisa membantu mengangkat pasar emas safe haven. Sebagian besar dunia memandang Trump untuk tidak memenangkan kursi kepresidenan.

Ada beberapa data ekonomi yang meningkat dari China, ekonomi terbesar kedua di dunia, hari Selasa. Indeks pembelian manajer resmi China (PMI) naik menjadi 51,2 pada Oktober dari 50,4 pada September. Jumlah Oktober ini lebih tinggi dari ekspektasi pasar. Data China yang lebih baik juga ramah untuk logam mulia, karena China adalah importir utama logam.

Pertemuan Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) dimulai hari ini dan berakhir pada Rabu sore dengan sebuah pernyataan. Mayoritas pasar percaya Fed tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan ini, tapi akan menunggu sampai pertemuan Desember untuk melakukannya.

Outside markets lainnya pada Selasa melihat harga minyak mentah Nymex hampir stabil dan menyentuh harga rendah selama lima pekan. Lemahnya harga minyak baru-baru ini membebani pasar saham dunia.

Peristiwa ekonomi besar akhir pekan ini termasuk pertemuan kebijakan moneter Bank of England hari Kamis dan laporan pekerjaan AS pada Jumat.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.