Emas Naik Sederhana; Bullish Menjaga Momentum Teknis

Harga emas membukukan kenaikan ringan di perdagangan sore AS hari Senin, didukung oleh pembelian berbasis grafik karena postur teknis jangka pendek untuk logam mulia tetap bullish. Indeks dolar AS yang lebih rendah hari ini juga mendukung kenaikan pasar logam mulia. Emas berjangka Februari bertahan hingga $ 3,80 per ons pada $ 1,289.50. Perak Comex Maret turun $ 0,031 pada $ 15,76 per ounce.

Bullish emas hari ini terkesan oleh kemampuan logam mereka untuk menambah beberapa keuntungan meskipun pembelian lanjutan yang baik di pasar saham AS, mengikuti kenaikan besar Jumat lalu.

Sikap pedagang dan investor umumnya optimis untuk memulai minggu perdagangan, sebagian karena laporan pekerjaan AS yang kuat yang dirilis Jumat lalu. Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga membuat komentar pada hari Jumat bahwa tingkat inflasi AS tidak bermasalah dan bahwa Fed akan fleksibel dalam kebijakan moneternya, yang juga meredakan pasar. AS dan China mengadakan pembicaraan perdagangan secara tatap muka di China mulai hari ini, di tengah optimisme dua ekonomi terbesar dunia akan membuat kemajuan dalam sengketa perdagangan utama mereka.

Shutdown pemerintahan AS memasuki minggu ketiga sekarang, tetapi masalahnya kurang mendapat perhatian dari pasar dan bukan merupakan isu utama.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS lebih rendah. Tren USDX saat ini sideways hingga lebih rendah pada grafik harian selama tiga minggu. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan di atas $ 49,00 per barel. Ada petunjuk grafik awal bahwa pasar minyak telah mencapai titik terendahnya, tetapi kenaikan masih harus dilakukan untuk menunjukkan bahwa tren kenaikan harga dapat dipertahankan.

Share
This entry was posted in Artikel emas. Bookmark the permalink.