Emas Naik Sedikit, Ekuitas Melemah

Harga emas ditutup sedikit lebih tinggi pada perdagangan AS sesi pagi hari Rabu, karena beberapa short covering di pasar berjangka dan karena beberapa konsolidasi grafik teknis setelah harga mencapai titik terendahnya selama empat minggu pada awal perdagangan. Sebagian besar pasar saham dunia yang melemah saat ini juga bekerja dalam mendukung pasar emas. Emas Comex August terakhir naik $2,40 per ounce di $1,245.80. Perak Comex Juli terakhir turun $0,067 pada $16,355 per ounce.

Sebagian besar pasar ekuitas dunia turun pada hari Rabu karena turunnya harga minyak mentah akhir-akhir ini dan penurunan hasil obligasi pemerintah dunia. Harga minyak yang merosot dan hasil obligasi yang rendah menunjukkan tekanan harga inflasi akan tetap berdampak. Sementara pasar saham melemah pada hari ini (21/6) merupakan elemen yang bagus untuk emas safe haven, momok inflasi yang sangat rendah merupakan faktor bearish untuk logam mulia dan semua pasar komoditas mentah.

Pengamat pasar emas perlu terus mencermati ketegangan antara Korea Utara-AS. Penduduk AS yang ditahan di Korea Utara dan kemudian meninggal setelah kembali ke AS membuat banyak warga AS, anggota kongres dan pakar meminta Presiden Trump untuk mengambil tindakan. Trump mengatakan bahwa dia akan menangani masalah ini, tapi bagaimana reaksinya nanti adalah tanda tanya besar. Beberapa berspekulasi bahwa insiden tersebut merupakan titik kritis dimana AS akan mengambil tindakan militer terhadap kemampuan rudal balistik Korea Utara. Hal ini bisa jadi insiden internasional besar berikutnya yang akan mendorong permintaan safe haven ke pasar emas.

Kunci “outside market” pada hari Rabu melihat harga minyak mentah Nymex berjangka diperdagangkan lebih rendah dan mencapai titik terendah selama 14 bulan. Penurunan pasar minyak memiliki keuntungan teknis jangka pendek solid secara keseluruhan karena harga diperdagangkan di bawah $43,00 per barel. Sementara itu, indeks dolar A. sedikit lebih rendah hari ini (21/6). Namun, saham greenback telah mendapatkan momentum kenaikan baru-baru ini karena harga mencapai level tertinggi selama empat minggu pada hari Selasa.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.