Emas Naik Sedikit karena Laporan Pekerjaan AS yang Sedikit Merosot

Harga emas sedikit naik di awal perdagangan AS pada hari Jumat, mendapatkan sedikit kenaikan dari laporan pekerjaan non-farm AS yang lebih lemah dari ekspektasi pasar. Namun, indeks dolar AS yang lebih kuat membatasi kenaikan emas dan perak. Emas berjangka Comex Juni bertahan hingga $2,50 per ounce pada $1,315.00. Perak Comex Juli terakhir naik $0,038 pada $16,485 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan AS bulan April yang baru dirilis dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan angka non-farm payrolls kunci naik 164.000. Jumlah itu diperkirakan akan naik hingga 195.000. Namun, tingkat pengangguran keseluruhan menurun 0,1%, menjadi 3,9%. Pasar menganggap laporan tersebut sedikit lebih lemah dari yang diperkirakan, tetapi tidak cukup untuk mengubah arah kebijakan moneter AS.

Dalam berita lain, pertemuan perdagangan AS-China yang sangat diantisipasi di China minggu ini telah berakhir. Sebuah pernyataan dari China mengatakan beberapa perjanjian dibuat, tetapi masih ada “perbedaan pendapat yang signifikan atas isu-isu tertentu.” Kedua pihak sepakat untuk terus bernegosiasi. AS belum merilis pernyataan setelah pertemuan tersebut, yang diadakan untuk mencoba mencegah perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia.

Outside market hari ini (Jumat) melihat perdagangan indeks dolar AS menguat namun turun dari level tertinggi semalam, dan masih belum jauh di bawah harga tinggi selama 4,5 bulan minggu ini. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan tepat di bawah $69,00 per barel.

Data ekonomi AS lainnya yang akan dirilis Jumat termasuk indeks pembelian manajer layanan global (PMI).

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.