Emas, Perak Ditutup Menguat; Mengindikasikan Penurunan Akan Terjadi

Harga emas dan perak ditutup lebih tinggi pada sesi perdagangan pagi AS hari Kamis. Bullish logam mulia kembali hidup setelah penurunan yang terjadi selama dua minggu. Short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai adalah fitur utama menyusul tekanan jual baru-baru ini. Melemahnya indeks dolar AS akhir pekan ini membantu pasar emas dan perak untuk rally. Emas Comex April terakhir naik $26,50 per ounce pada $1,227.00. Perak Comex Mei terakhir naik $0,332 di $17 255 per ounce.

Ada petunjuk teknis awal bahwa pasar emas dan perak telah berada dalam harga rendah jangka dekat, yang menunjukkan harga sekarang bisa diperdagangkan setidaknya sideways, jika tidak sideways maka akan bergerak lebih tinggi dalam jangka dekat.

Pasar pada hari Kamis masih mencerna kenaikan suku bunga AS dari Federal Reserve. FOMC menaikkan suku bunga AS 0.25% pada Rabu sore, seperti yang diharapkan. Pasar menganggap pernyataan FOMC dan konferensi pers Yellen tidak terlalu hawkish untuk kebijakan moneter, dan mungkin kurang agresif untuk memerangi inflasi, yang berdampak rally untuk sebagian besar pasar komoditas dan menekan indeks dolar AS.

Kunci outside markets pada hari Kamis melihat perdagangan indeks dolar AS lebih rendah setelah kerugian besar yang diposting hari Rabu. Indeks dolar sudah tidak melihat uptrend harga jangka dekatnya minggu ini dan bearish greenback memiliki downside momentum teknis sekarang. Harga minyak mentah Nymex melemah sore ini (16/3). Harga menyentuh harga terendah selama empat bulan pada hari Selasa. Namun, bearish minyak mentah sekarang terlihat sudah lelah karena tekanan jual baru-baru ini, yang mulai mengisyaratkan bawah pasar jangka pendek akan terjadi.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.