Emas Perak Jatuh karena Sell-Off di Sektor Komoditas Mentah

Harga emas dan perak turun dan mendekati posisi terendah harian mereka pada perdagangan sore AS hari Rabu. Logam mulia sold off karena simpati dengan sektor komoditas mentah yang merosot hari ini, setelah AS memukul China dengan satu lagi sanksi perdagangan. Indeks dolar AS yang lebih tinggi saat ini juga merupakan negatif untuk pasar logam mulia. Emas berjangka Agustus terakhir turun $10,90 per ons pada $1,244.50. Perak Comex Juli terakhir turun $0,272 pada $15,815 per ounce.

Data ekonomi AS yang penting minggu ini termasuk indeks harga produsen untuk Juni, yang pagi ini naik 0,3% dari Mei, yang mana lebih tinggi dari kenaikan 2,0% yang diperkirakan. Data tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap logam mulia atau pasar lainnya. Laporan CPI Juni pada hari Kamis juga terlihat naik 0,2% dari bulan Mei.

Pasar saham dunia terguncang lagi hari ini oleh berita AS yang telah menargetkan China dengan tarif 10% untuk impor produk China senilai $200 miliar, dan China kembali merespons dengan ancaman lain untuk membalas. Perang perdagangan AS-China setidaknya untuk beberapa waktu telah menjungkirkan pasar ekuitas dunia pada pertengahan minggu. Namun, ketidakpastian pasar ini tidak menghasilkan permintaan safe haven untuk emas dan perak, karena logam tersebut memilih untuk mengikuti pasar komoditas mentah yang lebih rendah hari ini.

Presiden AS Trump hadir di Eropa hari ini dengan para pemimpin Eropa, dengan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin akhir pekan ini. Pasar akan mengawasi rapat-rapat Trump secara ketat, karena presiden AS telah mengucapkan kata-kata kasar kepada para pemimpin Eropa mengenai perdagangan dan kurangnya dukungan keuangan mereka untuk NATO.

Kunci lain “outside market” hari ini menemukan harga minyak mentah Nymex turun tajam dan diperdagangkan sekitar $72,00 per barel. Ekspor minyak Libya memukul pasar dunia lagi, setelah diganggu oleh kekerasan politik, dan itu memberi tekanan pada minyak mentah hari ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.