Emas, Perak Melemah Menjelang Liburan

Harga emas dan perak ditutup lesu dan sesi perdagangan hari Kamis ditutup sedikit lebih rendah. Banyak pedagang yang menutup posisinya awal menjelang akhir pekan Natal. Bahkan perdagangan akan lebih tenang lagi pada hari Jumat. Emas Comex Februari terakhir turun $2,00 per ounce pada $1,131.20. Perak Comex Maret terakhir turun $0,084 di $15,895 per ounce.

Grafik tetap bearish untuk emas dan perak.

Ada satu elemen berpotensi bullish yang mungkin akan muncul: koreksi penurunan yang signifikan di pasar saham dunia yang saat ini pada level yang tinggi dan sudah waktunya untuk mundur. Aset yang pergerakannya sudah habis di pasar saham sangat mungkin akan menguntungkan kelas aset bersaing, logam mulia.

Kunci “outside markets” pada hari Kamis melihat harga minyak mentah Nymex diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada sore hari. Namun, bullish untuk minyak Nymex mulai melemah karena harga sudah berada di atas level $50 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS hanya sedikit lebih rendah karena profit taking ringan setelah indeks mencapai harga tertinggi selama 13 tahun pada hari Selasa.

Ada data ekonomi penting dari AS yang dirilis Kamis. Namun, tidak ada kejutan besar dalam data tersebut dan pasar tidak terlalu bereaksi terhadap laporan tersebut.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.