Emas, Perak Mendapat Keuntungan dari Menurunnya Dolar

Harga emas dan perak mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan kenaikan yang solid pada hari Selasa. Sell off di indeks dolar AS pada hari ini mendorong minat beli baru pada logam mulia. Kejadian utama di emas dan perak berjangka hari ini adalah bargain hunting menyusul tekanan jual baru-baru ini. Juga, short covering, atau pembelian kembali dari posisi yang sebelumnya dijual (short), oleh trader jangka pendek, adalah kejadian utama di pasar berjangka emas dan perak hari ini. Yang penting, uptick di risk appetite investor tidak berdampak negatif pada safe haven emas dan perak. Kontrak berjangka emas Comex kemarin naik $15.40 per ounce di $1.335.40. Perak Comex Mei terakhir naik $0,368 di $16,78 per ounce.

Pasar saham dunia, termasuk indeks saham AS, sebagian besar lebih tinggi hari ini, sebagian karena harapan bahwa rencana AS untuk tarif impor baja dan aluminium akan turun kembali. Beberapa anggota parlemen AS, termasuk Juru Bicara DPR, telah berbicara menentang inisiatif proteksionisme Presiden Trump yang mengejutkan pasar.

Dan yang juga meningkatkan risk appetite investor saat ini adalah berita semalam bahwa Korea Utara telah dilaporkan melakukan pembukaan ke Korea Selatan mengenai kemungkinan dilakukannya denuklirisasi. Rinciannya masih samar saat ini, namun kabar tersebut positif bagi pasar dunia.

Kunci lain outside market pada hari Selasa melihat harga minyak mentah Nymex mendekati stabil dan diperdagangkan tepat di bawah $63,00 per barel.

Secara teknikal, harga emas berjangka April ditutup mendekati sesi tinggi hari ini. Kenaikan emas telah memperoleh sedikit keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Kenaikan harga breakout objective emas jangka pendek selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang kuat di $1,350.00. Penurunan harga breakout objective emas jangka pendek selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid di $1.300,00. Resistance pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $1,339.90 dan kemudian di level tertinggi minggu lalu di $1,342.90. Support pertama terlihat di level $1,325.00 dan kemudian di level terendah minggu ini di $1,318.30.

Harga perak berjangka Mei ditutup mendekati sesi tinggi hari ini karena short covering dan bargain hunting. Penurunan perak masih memiliki sedikit keunggulan teknis jangka pendek. Kenaikan harga breakout objective perak jangka pendek selanjutnya adalah harga penutupan di atas resistance teknis yang solid pada level tertinggi Februari di $17,04 per ounce. Penurunan harga breakout objective perak selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid di $16.00. Resistance pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $16.895 dan kemudian di $17.00. Support selanjutnya terlihat di $16,50 dan kemudian di level terendah minggu ini $16,37.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.