Emas, Perak Sedikit Turun Saat Dolar AS Rebound

Harga emas dan perak memegang sebagian besar kenaikan pada Rabu sore dan pagi ini, tetapi sedikit turun pada Kamis tengah hari karena indeks dolar AS terdorong lebih tinggi ke level tertinggi hariannya. Emas hari ini mencapai level tertingginya hampir selama delapan bulan, sementara harga perak terdorong ke level tertinggi enam bulan. Emas April bertahan hingga $ 10,00 per ons di $ 1,325.50. Perak Comex Maret bertahan hingga $ 0,143 pada $ 16,07 per ounce.

Pedagang dan investor pada hari Kamis masih mencerna pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal Reserve (FOMC) yang berakhir Rabu sore. Pernyataan FOMC tidak mengandung perubahan kebijakan moneter tetapi anggota FOMC mengatakan mereka sekarang akan bersabar dalam menaikkan suku bunga Fed di masa depan karena tekanan inflasi yang diredam dan beberapa kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global. Pernyataan itu juga menyatakan bahwa Fed tidak akan terburu-buru untuk mengurangi neraca surat berharga AS. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada konferensi persnya bahwa “kasus untuk menaikkan suku bunga AS agak melemah.” Sementara tidak ada perubahan dalam kebijakan moneter yang diharapkan, pernyataan FOMC dianggap sepenuhnya dovish pada kebijakan moneter AS. Hal itu adalah bullish untuk komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Para pejabat perdagangan tingkat tinggi AS dan China bertemu di Washington, D.C, dengan hari ini dijadwalkan untuk mengakhiri pertemuannya. Tidak ada konsensus sama sekali tentang kemajuan yang mungkin atau mungkin tidak dicapai pada pembicaraan minggu ini. Pasar akan bereaksi terhadap pengumuman signifikan apa pun yang keluar dari pertemuan tersebut.

Titik data ekonomi penting berikutnya adalah laporan pekerjaan AS di Jumat pagi untuk Januari dari Departemen Tenaga Kerja. Angka non-farm payrolls utama diperkirakan akan mencapai 170.000 pada bulan tersebut. Laporan ketenagakerjaan nasional ADP AS hari Rabu mencapai 213.000 pada bulan Januari. Angka tersebut jauh di atas perkiraan perdagangan rata-rata pada 183.000 dan mengisyaratkan bahwa jumlah pekerjaan non-farm pada hari Jumat bisa lebih kuat dari yang diharapkan.

Pasar luar hari ini melihat indeks dolar AS diperdagangkan lebih tinggi karena rebound dari tekanan jual minggu ini yang mendorong harga ke level terendah selama tiga minggu. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi, mencapai level tertinggi selama sembilan minggu, dan diperdagangkan sekitar $ 55,00 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.