Emas, Perak Terpukul Oleh Profit Taking, Greenback Lebih Kuat

Emas dan perak lebih rendah di perdagangan sore AS hari Kamis. Beberapa profit taking dari kerugian baru-baru ini dan kerusakan terjadi dari kerugian hari ini. Tekanan juga datang dari data ekonomi suram yang keluar dari China dan oleh penguatan indeks dolar AS hari ini. Emas berjangka April terakhir turun $ 13,40 per ounce pada $ 1.295,90. Perak terakhir turun $ 0,266 di $ 15,19 per ounce.

Output industri China turun ke level terendah selama 17 tahun pada bulan Februari, naik hanya 0,43% dari Januari. Tahun ke tahun, jumlahnya naik 5,3%. Laporan ini membebani pasar emas dan perak hari ini, karena China adalah ekonomi dari konsumen logam utama di seluruh dunia.

Dalam retorika bolak-balik tentang perang perdagangan AS-China, Presiden Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa ia “tidak terburu-buru” untuk menandatangani perjanjian perdagangan dengan China, dan menegaskan kembali bahwa kesepakatan itu harus memenuhi tuntutan AS. Beberapa hari terakhir terlihat pasar yang lebih optimis mengenai perjanjian perdagangan antara dua ekonomi terbesar yang segera selesai. Komentar juga dapat membebani pasar logam hari ini.

Anggota parlemen Inggris pada hari Rabu malam menyetujui rencana Brexit lain yang mengatakan Inggris tidak akan melakukan “hard Brexit” pada 29 Maret, tanggal di mana Inggris akan meninggalkan Uni Eropa. Namun, setiap perpanjangan tanggal Brexit harus mendapatkan persetujuan UE. Pasar sama positifnya dengan “soft Brexit” yang akan terjadi. Yang agak berdampak pada pasar Eropa, ketidakpastian Brexit saat ini adalah elemen utama penggerak pasar saham dan keuangan dunia.

Pasar luar lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex menguat dan diperdagangkan di sekitar $ 58,50 per barel. Harga mencapai level tertinggi selama empat bulan hari ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*