Emas Rally karena “Buy The Fact” Setelah Kenaikan Suku Bunga oleh Fed

Harga emas melonjak ke tingkat yang lebih tinggi pada perdagangan sore AS hari Rabu, segera setelah kenaikan suku bunga AS dari Federal Reserve seperti yang diharapkan. Aksi harga ini adalah contoh klasik dari reaksi pasar “sell the rumor, buy the fact” terhadap kenaikan suku bunga dari Fed. Beberapa minggu terakhir ini pasar melihat sell off harga emas dalam mengantisipasi kenaikan suku bunga dari Fed. Emas Comex April terakhir naik $10,00 per ounce pada $1,212.60. Perak Comex Mei terakhir naik $0,232 di $17,15 per ounce.

Pernyataan FOMC itu bisa dibilang sedikit hawkish, tapi tidak se-hawkish yang diharapkan – yang menunjukkan akan ada tiga kenaikan suku bunga AS tahun ini, termasuk satu yang baru saja diumumkan. Suku bunga Fed saat ini berada di kisaran 0,75% hingga 1,0%.

Indeks dolar AS sold off tajam dan obligasi dan catatan Treasury AS rally. Indeks saham AS juga menguat di tengah kenaikan suku bunga. Ini bisa menjadi skenario “Goldilocks” di mana tidak ada berita buruk dalam laporan FOMC. Namun, komentar Ketua Fed Janet Yellen di konferensi pers-nya bisa menjadi penggerak pasar.

Bank sentral lainnya dijadwalkan mengadakan pertemuan kebijakan moneter minggu ini adalah Inggris, Jepang, Norwegia, Indonesia dan Turki. Bank-bank sentral dunia bergeser dari sikap umum pelonggaran kebijakan moneter menjadi mulai mengetatkan kebijakan moneter setelah beberapa tahun suku bunga sangat rendah.

Kunci outside market lainnya pada hari Rabu melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi karena bouncing korektif dan short-covering setelah menyentuh harga terendah selama empat bulan hari Selasa. Pasar minyak jatuh, yang agaknya telah menurunkan risk appetite investor dan trader di seluruh dunia, dan menjadi elemen bearish signifikan untuk banyak sektor komoditas mentah.

Data ekonomi AS penting yang dirilis hari Rabu, termasuk indeks harga konsumen dan penjualan ritel. Angka data ekonomi tersebut sebagian besar sejalan dengan ekspektasi pasar dan berdampak kecil terhadap pasar.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.