Emas Rebound Karena Bargain Hunting dan Short Covering

Harga emas ditutup lebih tinggi pada sesi perdagangan AS dan ditutup mendekati harga tertinggi harian, setelah rebound korektif dari tekanan jual yang mendorong harga ke harga terendah selama tiga minggu dalam semalam. Short covering di pasar berjangka dan bargain hunting di pasar tunai adalah faktor utamanya. Lemahnya indeks dolar AS pada hari ini juga yang mendukung logam mulia mengalami kenaikan. Emas Comex Agustus terakhir naik $12,90 per ounce pada $1,332.20. Perak Comex September terakhir naik $0,187 di $19,80 per ounce.

Pertemuan Bank Sentral Eropa hari ini merangkum bahwa ECB akan menahan stabil suku bunganya, seperti yang diharapkan, dan tidak mengumumkan langkah-langkah stimulus kebijakan moneter yang baru. Pada konferensi persnya, Presiden ECB Mario Draghi tidak merancang rencana signifikan untuk stimulus yang akan datang dari ECB, karena beberapa berpikir bahwa dia akan merancangnya. Pasar saham dunia tertolong musim panas ini karena ide bahwa bank-bank sentral utama dunia akan terus menerapkan kebijakan uang mudah mereka – terutama setelah voting Brexit akhir June.

Yen Jepang menguat terhadap dolar AS pada Kamis setelah Gubernur Bank of Japan Kuroda mengatakan bahwa ia tidak mendukung “uang helikopter,” yang menyiratkan bahwa dia tidak ingin langkah-langkah pelonggaran kuantitatif ekstrim datang dari BOJ.

Kunci “outside market” pada hari Kamis melihat indeks dolar AS lebih rendah setelah mencapai harga tinggi selama empat bulan pada Rabu. Harga minyak mentah Nymex juga lebih rendah dan berada tepat di bawah $45,00 per barel. Jika minyak mentah terus mengalami tren turun, maka akan menjadi faktor signifikan untuk semua pasar komoditas mentah.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.