Emas Rebound karena Sell Off pada Greenback dan Pasar Saham AS

Harga emas sedikit menguat pada perdagangan sore hari Senin, didorong oleh penurunan indeks dolar AS dan pasar saham AS. Emas sempat mendapatkan sedikit kerugian di perdagangan semalam, berdasarkan beberapa penjualan teknis. Kontrak berjangka emas April Comex terakhir naik $6,00 per ounce di $1,318.30. Perak Comex terakhir naik $0,043 pada $16,315 per ounce.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih rendah pada hari Senin. Indeks saham AS ditekan oleh penurunan tajam di FaceBook, di tengah tuduhan bahwa platform media sosial ini telah memberikan data yang tidak sah dari 50 juta penggunanya, yang mungkin telah diberikan ke Rusia. Momok proteksionis kebijakan perdagangan AS dan kemungkinan kenaikan suku bunga AS minggu ini juga berdampak negatif bagi pasar ekuitas. Semua hal di atas bekerja mendukung pasar emas safe haven.

Ada lebih banyak kekacauan di pemerintahan Trump akhir pekan lalu, di tengah tuduhan baru terhadap pemerintahan Presiden Trump setelah seorang pejabat FBI dipecat. Ini bisa menambahkan beberapa ketidaknyamanan ke pasar. Namun, gejolak dalam administrasi Trump bukanlah sesuatu yang baru.

Data ekonomi utama dalam minggu ini adalah pertemuan Federal Reserve’s Open Market Committee meeting (FOMC) yang dimulai Selasa pagi dan berakhir Rabu siang dengan sebuah pernyataan. Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga mengadakan konferensi pers pertamanya setelah pertemuan tersebut. Sebagian besar mengharapkan Fed untuk sedikit menaikkan suku bunga AS pada pertemuan minggu ini.

Bank of England mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada hari Kamis.

Tidak ada data ekonomi AS yang dirilis pada hari Senin.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.