Emas Rebound Setelah Kerugian Besar Yang Dialami Awal Pekan Kemarin

Harga emas sedikit lebih tinggi karena short-covering dan rebound bargain-buying setelah harga turun tajam dan mencapai harga terendah selama 10 bulan pada hari Kamis. Reli kuat minggu ini untuk indeks dolar AS juga terhenti pada hari Jumat, yang membuat kenaikan logam mulia terhenti. Emas Comex Februari terakhir naik $5,50 per ounce pada $1,135.40. Perak Comex Maret terakhir naik $0,177 di $16,135 per ounce.

Pasar ekuitas global juga kebanyakan menguat semalam (15/12) karena indeks dolar AS berhenti sementara setelah melesat ke level tertinggi selama 13 tahun pada hari Kamis. Greenback mendapat dorongan besar akhir pekan ini dengan kenaikan suku bunga AS pada Rabu yang disertai dengan nada hawkish untuk kebijakan moneter dari Federal Reserve. Banyak dibicarakan bahwa The Fed bisa menaikkan suku bunga hingga tiga kali pada tahun 2017.

 

Pemerintah dunia pasar obligasi telah menetapkan untuk mengakhiri minggu trading. Sebagian besar pasar obligasi minggu berada di bawah tekanan jual (meningkatnya hasil) di tengah momok Federal Reserve dan bank sentral utama lainnya di dunia mulai memperketat kebijakan moneter mereka, yang telah sangat mudah selama bertahun-tahun. Hasil obligasi Treasury AS selama 10 tahun naik ke level tertinggi selama dua tahun sebesar 2,6% hari Kamis, setelah kenaikan suku bunga Fed. Kenaikan harga inflasi di seluruh dunia akan menjadi faktor bullish untuk aset keras seperti logam mulia.

Laporan mengatakan bahwa bank sentral China akhir pekan ini memompa lebih dari 600 miliar yuan ke dalam sistem perbankan dalam upaya untuk menstabilkan pasar saham dan obligasi domestik. Jangan heran jika perkembangan ekonomi dan keuangan China menjadi elemen penting di pasar perdagangan harian campuran dunia, di tahun baru mendatang.

Kunci “outside markets” pada hari Jumat melihat perdagangan indeks dolar AS sedikit lebih rendah karena kemunduran korektif. Harga minyak mentah Nymex diperdagangkan sedikit lebih tinggi. Kenaikan minyak tampak lemah setelah harga melejit ke posisi tertinggi selama 16 bulan awal pekan ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.