Emas Sedikit Naik di Perdagangan Akhir Tahun yang Semakin Tenang

Harga emas ditutup sedikit menguat hari Rabu pada perdagangan yang semakin tenang. Beberapa profit taking oleh short-sellers (short covering) adalah yang menjadi faktor saat 2016 ini akan berakhir. Emas Comex Februari terakhir naik $1,50 per ounce pada $1,140.30. Perak Comex Maret terakhir naik $0,046 di $16,035 per ounce.

Kunci “outside market” hari Rabu melihat harga minyak mentah Nymex sedikit lebih tinggi. Pengamat pasar minyak sedang menunggu untuk melihat apakah OPEC dan produsen minyak Rusia dapat menepati kesepakatan untuk mengurangi produksi. Banyak yang skeptis. Rencana ini akan berlaku 1 Januari. Bullish minyak mentah Nymex berjuang karena harga telah diperdagangkan di atas $50,00 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS menguat dan diperdagangkan sedikit di bawah harga tertinggi selama 13 tahun pekan lalu. Dolar yang lebih kuat menjadi elemen bearish untuk sektor komoditas mentah beberapa minggu terakhir, termasuk logam mulia.

Tidak ada perkembangan berita fundamental utama minggu ini untuk membantu mendorong pasar logam.

Dengan pasar saham AS dan pasar saham dunia lainnya di atau dekat dengan rekor tinggi tahunan, koreksi downside akan segera terjadi.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.