Emas Sedikit Turun karena Bearish-nya Outside Market

Harga emas ditutup sedikit lebih rendah pada sesi perdagangan awal AS yang berombak dan di tengah kisaran yang luas perdagangan harian pada hari Selasa. Tekanan jual ringan terjadi karena outside market kembali bearish pada hari Selasa pagi di perdagangan AS. Indeks dolar AS mencetak kenaikan yang layak dan harga minyak mentah melemah. Kerugian dibatasi oleh beberapa permintaan safe haven yang muncul di tengah meningkatnya ketegangan di AS-Korea Utara. Emas Comex Desember terakhir turun $3,00 per ounce di $1,261.80. Perak Comex September lalu naik $0.134 di $16.385 per ounce.

Korea Utara mengancam untuk menggunakan senjata nuklirnya untuk melawan AS setelah PBB memberikan lebih banyak sanksi terhadap negara yang nakal tersebut. Masalah ini tidak akan hilang begitu saja dan kemungkinan akan bertambah buruk sebelum membaik. Hal tersebut sepertinya akan terus menjadi elemen bullish yang mendasari pasar emas.

Indeks dolar AS melemah pada awal perdagangan AS hari Selasa, sebelum rebound di aksi pagi hari. Namun, indeks tetap berada dalam tren turun yang telah berlangsung sepanjang tahun, dan bearish masih memiliki keuntungan teknis jangka pendek yang kuat.

Minyak mentah berjangka Nymex sedikit turun dan diperdagangkan di atas $49,00 per barel pada sore hari Selasa. Laporan semalam mengatakan pemimpin OPEC Arab Saudi berencana untuk mengurangi ekspor minyaknya ke Asia. Anggota OPEC akan bertemu minggu ini di Abu Dhabi.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.