Emas Terangkat Dengan Tidak Adanya Kenaikan Suku Bunga dari FOMC

Harga emas dan perak diperdagangkan lebih tinggi di perdagangan sore AS hari Rabu, setelah keluarnya kesimpulan bullish yang ditafsirkan untuk Bank of Japan dan pertemuan kebijakan moneter AS Federal Reserve. Emas Comex Desember terakhir naik $20,80 per ounce pada $1,338.70. Perak Comex Desember terakhir naik $0,628 di $19,90 per ounce.

Dua hari pertemuan Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) yang berakhir pada Rabu sore dengan Fed mengumumkan bahwa tidak ada perubahan suku bunga. The Fed mengatakan ekonomi AS akan terus pada jalur pertumbuhan tetapi investasi bisnis tetap lemah. Sebagian pengamat pasar tidak berpikir The Fed akan menaikkan suku bunga hari ini. Pernyataan FOMC hari ini dipandang mendukung dovish kebijakan moneter. Saat tulisan ini dibuat, para pedagang dan investor menunggu konferensi pers triwulanan dari ketua Fed Janet Yellen yang diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan FOMC.

Sebelumnya hari ini, Bank of Japan mempertahankan suku bunga negatif dan tidak berubah setelah pertemuan kebijakan moneter reguler yang diadakan pada Rabu. Namun, BOJ mengatakan kini menargetkan obligasi pemerintah 10-tahun nya, ingin menjaga hasilnya di nol, dan dikatakan bahwa akan terus membeli obligasi pemerintah sebanyak yang diperlukan (pelonggaran kuantitatif). Pasar membaca berita ini sebagai dovish kebijakan moneter, meskipun tidak agresif, dan saham dunia dan pasar komoditas yang terdukung oleh berita tersebut. Pasar memiliki ide-ide berbeda pada apakah BOJ akan mempertahankan kebijakannya untuk tidak berubah atau memulai stimulus baru.

Kunci “outside market” bullish untuk logam mulia pada Rabu. Harga minyak mentah Nymex lebih tinggi karena short-covering setelah mencapai harga rendah selama enam minggu pada Selasa. Namun, harga minyak mentah tetap berada dalam downtrend jangka dekat. Outside market lain melihat indeks dolar AS diperdagangkan lebih rendah, di tengah aksi perdagangan yang berombak yang baru-baru ini terjadi di chart.

Z


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.