Emas Terangkat karena Meningkatnya Permintaan Safe Haven, Dolar AS Melemah

Harga emas mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan sedikit naik pada Selasa sore. Logam mulia melihat beberapa permintaan safe haven karena meningkatnya kekhawatiran tentang gejolak di administrasi Trump. Indeks dolar AS yang lebih rendah pada hari ini juga bekerja dalam mendukung kenaikan logam. Kontrak berjangka emas Comex bulan April naik $5,70 per ounce di $1,326.50. Perak Comex Mei terakhir naik $0,069 di $16,610 per ounce.

Berita pagi ini bahwa Sekretaris Negara AS Rex Tillerson dipecat oleh Presiden Trump mendorong beberapa safe haven di pasar emas dan perak. Pemecatan seorang pejabat kabinet Trump muncul karena kepala penasihat ekonomi Trump yang mundur pekan lalu. Petugas administrasi Trump tingkat rendah lainnya juga keluar baru-baru ini. Dan sekarang muncul persepsi bahwa kepresidenan Trump sedang kacau, lebih kacau dari yang sebelumnya.

Titik data ekonomi utama hari Selasa adalah melihat laporan indeks harga konsumen AS untuk bulan Februari berada di 0,2%, dan naik 2,2%, dari tahun ke tahun. Angka tersebut sesuai dengan ekspektasi pasar. Nomor CPI “inti” – yang tidak termasuk makanan dan energi – juga naik 0,2% dari bulan Januari dan naik 1,8%, dari tahun ke tahun. Pasar logam didukung oleh berita karena data inflasi tidak dianggap “terlalu panas.”

Kunci “outside market” pada hari Selasa melihat indeks dolar AS lebih rendah, sebagian karena berita Tillerson dan laporan CPI AS yang jinak. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah. Meningkatnya produksi minyak serpih AS dan beberapa perselisihan yang dilaporkan di antara pemimpin OPEC Arab Saudi dan Iran telah menempatkan pasar minyak mentah pada posisi bertahan baru-baru ini.

Secara teknis, harga emas berjangka April mendekati sesi high di akhir perdagangan dan mencetak kenaikan “outside day” sampai pada daily bar chart hari ini. Kenaikan emas telah memperoleh sedikit keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Kenaikan harga breakout objective jangka pendek emas selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid pada $1,350.00. Penurunan harga breakout objective jangka dekat selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid di $1.300,00. Resistance pertama terlihat di level high hari ini di $1,328.30 dan kemudian di $1,335.00. Support pertama terlihat di $1,320.00 dan kemudian di low minggu lalu di $1,313.20.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.