Emas Terangkat oleh Bargain Hunting dan Tes Misil Korea Utara

Emas menguat pada hari Selasa karena permintaan fisik dan aksi bargain hunting muncul menyusul aksi sell-off Senin lalu, ditambah beberapa investor beralih ke logam sebagai safe haven setelah uji coba rudal Korea Utara, kata para analis.

Pada pukul 08:03 pagi, EDT, emas Comex August berada di level $5,50 menjadi $1,224.70 per ounce dalam perdagangan elektronik pada hari libur AS 4 Juli. Perak September hampir stabil, berkurang 1,2 sen menjadi $16,025.

Emas Agustus pada hari Senin turun tajam ke $1.218 per ounce, level terlemah sejak 9 Mei.

“Jelas, kami mengalami kejatuhan yang cukup besar kemarin (3/7). Jadi ada sedikit bargain hunting yang masuk,” kata Robin Bhar, analis logam di Societe Generale. “Kami melihat beberapa tawaran fisik di zona waktu Asia dan beberapa pembelian di Shanghai Gold Exchange.

“Ada juga beberapa resiko geopolitik dengan Korea Utara yang menembakkan rudal lainnya.”

Saham Eropa turun dalam semalam setelah Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba rudal antar benua untuk pertama kalinya. Tes tersebut terjadi pada minggu saat pemimpin Group of 20 berencana untuk membahas program senjata Korea Utara.

Afshin Nabavi, kepala perdagangan di MKS (Swiss) SA, juga mencatat pembelian fisik. “Saya pikir kita harus mendekati level bawah,” tambahnya.

Bhar dan Nabavi berkomentar bahwa mungkin harga sebagian besar dibatasi oleh pedagang AS yang liburan. Tapi kondisi inilah yang cenderung terjadi di pasar saat liburan, Bhar juga mengingatkan bahwa terkadang pelaku pasar besar menggunakan kondisi ini sebagai peluang untuk melakukan order besar dan oleh karena itu “menggertak” pasar dengan volume rendah.

“Tapi setelah mengalami penurunan yang cukup besar kemarin, saya pikir hari ini kita akan memiliki sedikit konsolidasi,” kata Bhar.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.