Emas Terdorong ke Harga Tertinggi Selama 3,5 Bulan karena Pembelian Safe-Haven, Greenback Melemah

Harga emas mengakhiri sesi perdagangan AS dengan keuntungan yang solid dan mencapai harga tertinggi selama 3,5 bulan pada hari Kamis. Harga perak juga mencapai harga tertinggi selama 3,5 bulan. Buy stop di kedua pasar berjangka dipicu oleh dorongan harga di atas previous for-the-move highs hari ini. Terdapat aliran stabil untuk permintaan safe-haven emas dari pedagang dan investor di seluruh dunia. Indeks dolar AS melemah hari Kamis, menyusul kenaikan baru-baru ini, dan itu adalah unsur positif harian yang bekerja mendukung kenaikan logam pasar berharga. Emas Comex April terakhir naik $17,60 per ounce pada $1,250.90. Perak Comex Maret terakhir naik $0,175 di $18,12 per ounce.

Dan meskipun ada beberapa hawkish yang datang dari pejabat Federal Reserve, banyak yang masih skeptis bahwa Fed akan menaikkan suku bunga AS pada pertemuan FOMC Maret. Cepatnya dilaksanakannya pengetatan kebijakan moneter Fed akan menjadi elemen bearish untuk sektor komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Ketidakpastian yang sedang berlangsung dan beberapa kecemasan mengenai presiden AS yang baru dan kebijakan baru dan kebijakannya yang berpotensi agresif terus mendukung pasar emas.

Kunci “outside market” pada hari Kamis melihat perdagangan indeks dolar AS sedikit lebih rendah. Namun, kenaikan greenback memiliki keuntungan teknis jangka pendek keseluruhan di tengah uptrend harga bibit pada grafik harian. Sementara itu, harga minyak mentah berjangka Nymex lebih tinggi hari ini. Harga minyak masih dalam rentang perdagangan sideways yang telah terjadi selama berminggu-minggu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.