Emas Tertekan dengan Turunnya Outside Market

Harga emas ditutup sedikit lebih rendah pada sesi perdagangan AS hari Senin. Harga minyak mentah yang lebih rendah dan indeks dolar AS yang lebih tinggi membantu menekan harga emas dan perak. Emas Comex Desember terakhir turun $3,20 per ounce pada $1,273.70. Perak Comex Desember terakhir naik $0,029 di $17,825 per ounce.

Kunci outside market hari Senin melihat harga minyak mentah Nymex menurun tajam dan menyentuh harga terendah selama empat pekan. Laporan mengatakan bahwa pertemuan akhir pekan antara Iran dan Irak tidak mendapatkan hasil pada bagaimana OPEC dapat membuat paket oil-production-cut. Harga minyak yang melemah baru-baru ini telah membebani pasar saham dunia dan logam mulia. Sementara itu, indeks dolar AS menguat dan diperdagangkan tidak jauh di bawah level 8,5.

Pasar pada hari Senin masih mencerna berita mengejutkan pada Jumat sore bahwa FBI seolah-olah membuka kembali penyelidikan mengenai pesan email server Hillary Clinton. Kabar tersebut awalnya menyentak pasar keuangan hari Jumat, membuat pasar saham AS menurun dan harga emas lebih tinggi. Namun, karena perdagangan minggu ini mulai berlangsung hari ini (31/10), berita tersebut kehilangan relevansinya sejauh yang pasar khawatirkan, setidaknya untuk saat ini. Namun, pemilihan presiden AS yang kurang dari dua minggu lagi adalah faktor utama bagi banyak saham dunia dan pasar keuangan.

Peristiwa ekonomi besar minggu ini termasuk pertemuan kebijakan moneter Bank of England pada Kamis dan laporan pekerjaan AS pada Jumat.

Z


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.