Emas Tidak Dapat Menangkap Tawaran Karena Kepercayaan Konsumen AS Menurun

Pasar emas bergerak dari posisi terendahnya baru-baru ini dan tetap di bawah tekanan karena data ekonomi yang lemah – angka sentimen konsumen yang mengecewakan – tidak mampu menarik arus safe-haven.

Pada hari Selasa, Dewan Konferensi AS, mengatakan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen turun menjadi pembacaan 124.1, turun dari pembacaan bulan Februari di 131.4 dan kehilangan harapan. Menurut perkiraan konsensus, para ekonom mengharapkan pembacaan sekitar 132,1.

Pasar emas melihat sedikit reaksi terhadap data yang lebih lemah dari perkiraan. Analis komoditas mengatakan bahwa logam kuning melihat beberapa aksi profit taking yang diharapkan setelah mencapai level tertinggi selama empat minggu pada hari Senin. Emas berjangka April terakhir diperdagangkan pada $1,315 per ounce, turun 0,57% pada hari itu.

Menurut laporan itu, penurunan tajam dalam Present Situation Index, yang turun ke pembacaan 160,60, turun dari pembacaan Februari 172.80. Sementara itu, The Expectations Index, turun ke pembacaan 99,8, turun dari level bulan lalu di 103,8.

“Keyakinan menjadi agak tidak stabil selama beberapa bulan terakhir, karena konsumen harus menghadapi volatilitas di pasar keuangan, penutupan sebagian pemerintah dan laporan pekerjaan Februari yang sangat lemah,” kata Lynn Franco, direktur senior indikator ekonomi di The Conference Board. “Terlepas dari dinamika ini, konsumen tetap yakin bahwa ekonomi akan terus berkembang dalam waktu dekat. Namun, tren kepercayaan secara keseluruhan telah melunak sejak musim panas lalu, menunjukkan moderasi dalam pertumbuhan ekonomi.”

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.