Emas Turun Akibat Profit Taking

Harga emas menurun pada sesi siang AS dengan profit taking dari kenaikan baru-baru ini dan di tengah-tengah terjadinya “risk-on” di pasar. Logam kuning mencapai titik terendah baru minggu ini pada awal perdagangan AS, tapi kemudian rebound dari posisi terendah karena adanya beberapa minat beli bargain-hunting. Emas Agustus Comex terakhir turun $11,70 per ounce pada $1,332.00. Perak September Comex terakhir turun $0,093 di $20,32 per ounce.

Pasar saham global sebagian besar menguat pada Kamis karena pekan ini melihat peningkatan dari risk appetite para investor, di tengah ide bank sentral utama dunia akan terus memompa uang ke perekonomian mereka. Indeks saham AS S&P 500 mencapai rekor tertinggi pada Kamis.

Bank of England mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada Kamis dan menetapkan suku bunga tidak berubah, yang agak mengejutkan. Banyak yang mengharapkan BOE memangkas suku bunga utamanya untuk yang pertama kalinya sejak 2009. Pasar saham dunia melemah sedikit setelah pengumuman BOE. Emas juga menambahkan beberapa tekanan jual setelah berita BOE.

Kunci “outside markets” pada hari Kamis melihat harga minyak mentah menguat pada bounce short-covering dari tekanan jual baru-baru ini. Indeks dolar AS melemah hari ini karena perdagangan berubah menjadi bergelombang dan sideways untuk USDX. Kenaikan yang terjadi pada kedua outside market pada hari ini tidak memberikan banyak bantuan ke pasar emas dan perak.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.