Emas Turun karena Kurangnya Risk Aversion, Namun Sanksi Iran Bisa Memberikan Percikan

Harga emas dan perak sedikit lebih rendah dalam perdagangan AS hari Senin. Kondisi perdagangan musim panas membuat banyak market maker baik liburan atau memikirkan tentang kedatangan mereka. Tekanan jual saat ini terkait dengan dolar AS yang kuat. Emas diperdagangkan tidak jauh di atas level terendah selama 12 bulan pekan lalu. Emas berjangka Desember turun terakhir $5,50 per ounce pada $1,217.70. Perak Comex September terakhir turun $0,112 pada $15,35 per ounce.

AS pada Selasa mengembalikan sanksi ekonomi terhadap Iran yang dicabut oleh pemerintahan Obama sebagai bagian dari kesepakatan non-nuklir Iran yang dibatalkan oleh Presiden Trump. Kemungkinan meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran dapat menjadi titik api geopolitik berikutnya di pasar dunia, yang dapat meningkatkan harga safe-haven emas dan perak. Laporan mengatakan orang Iran membeli dan menimbun emas di tengah kekhawatiran jatuhnya ekonomi Iran.

Kunci “outside market” hari ini melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan sekitar $69,50 per barel. Indeks dolar AS lebih tinggi hari ini dan sangat dekat dengan level tertinggi selama 12 bulan beberapa minggu yang lalu.

Tidak ada laporan ekonomi utama AS yang dirilis hari ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.