Emas Turun karena Nada Hawkish dari Ketua Fed

Harga emas mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan turun tajam dan mencapai level terendahnya selama dua minggu pada hari Selasa. Kenaikan logam mulia ini terhenti karena terdengar nada hawkish dari Ketua Federal Reserve yang baru Jerome Powell untuk kebijakan moneter AS di masa depan. Kontrak berjangka emas Comex April terakhir turun $16.00 per ounce di $1,316.80. Perak Comex Maret terakhir turun $0.212 di $16,41 per ounce.

Kesaksian Powell kepada Dewan Perwakilan Rakyat AS di Capitol Hill adalah fitur di pasar minggu ini. Powell mengatakan Fed tetap pada jalurnya untuk secara bertahap meningkatkan suku bunga AS, di tengah meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kenaikan inflasi. Dia mengatakan ekonomi AS telah menguat bahkan sejak Desember dan bahwa risiko resesi ekonomi rendah. Powell juga mengatakan volatilitas pasar saham baru-baru ini tidak merugikan ekonomi AS.

Indeks dolar AS menguat ke level tertingginya selama dua minggu karena kesaksian Powell yang hawkish. Pasar saham AS dan Treasuries AS juga ditekan oleh ucapan kepala Fed hari ini. Powell akan berbicara dengan Senat AS pada hari Kamis.

Kunci outside market lainnya pada hari Selasa melihat harga minyak mentah Nymex melemah dan diperdagangkan di atas $63,00 per barel. Tumbuhnya produksi minyak AS selama beberapa bulan terakhir ini merupakan faktor utama yang cenderung menaikkan harga minyak.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.