Emas Turun karena Profit Taking, Dolar AS yang Menguat

Harga emas sedikit lebih rendah pada perdagangan sore di AS pada hari Senin. Terjadi beberapa profit taking dari pedagang jangka pendek. Indeks dolar AS yang lebih kuat hari ini dan melayang dekat dengan level tertinggi selama sembilan minggu minggu lalu juga bekerja melawan pasar logam mulia saat ini. Ada juga risk aversion yang kurang di pasar awal pekan ini karena pasar saham dunia sudah stabil, untuk saat ini. Emas berjangka Desember terakhir turun $ 7,80 per ons pada $ 1,228.10. Perak Comex Desember terakhir turun $ 0,25 pada $ 14,45 per ounce.

Indeks saham AS pada hari Jumat jatuh ke posisi terendah selama enam bulan sebelum memposting rebound pada hari itu. Pasar saham AS dan dunia lebih tenang hari ini dan diperdagangkan beragam. Bullish pasar saham akan mendapatkan keuntungan jika bisa keluar dari gejolak yang terjadi di bulan Oktober, seperti yang selalu terjadi menurut sejarah, dan berharap mendapat “rally Santa Claus” tahun ini. Namun, volatilitas sejumlah pasar saham yang negatif dalam waktu dekat akan menguntungkan emas dan perak safe-haven.

Pasar luar utama lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex November melemah dan diperdagangkan sekitar $ 67,25 per barel.

Data ekonomi AS utama minggu ini, jika bukan bulannya, adalah laporan kerja bulan November yang rilis pada hari Jumat dari Departemen Tenaga Kerja.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.