Emas Turun karena Profit Taking, Index Dollar AS Rebound

Harga emas ditutup sedikit lebih rendah hari Rabu pada sesi perdagangan AS, karena profit taking dan kemunduraan korektif dari kenaikan baru-baru ini yang mendorong harga emas ke harga tinggi selama tiga minggu pada Selasa. Emas Comex Desember terakhir turun $7,70 per ounce pada $1,364.80. Perak Comex September terakhir turun $0,201 di $20,50 per ounce.

Pedagang dan investor sedang menunggu data ekonomi AS yang paling penting bulan ini, yaitu laporan kerja bulan Juli yang akan keluar pada Jumat. Laporan kerja nasional ADP AS bulan Juli dirilis pada Rabu pagi dan berada di atas 179.000. Jumlah pekerjaan pada bulan Juli diperkirakan akan naik 178.000 pekerjaan. Data tersebut tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap pasar, yang mana sesuai dengan yang diharapkan. Laporan ADP adalah prekursor untuk laporan pekerjaan AS yang lebih penting yang akan rilis pada Jumat pagi dari Departemen Tenaga Kerja.

Harga minyak mentah Nymex menguat, karena rebound short covering setelah mencapai harga rendah selama empat bulan dengan harga di bawah $40,00 per barel pada Selasa. Tren turun di pasar minyak mentah adalah faktor bearish untuk pasar logam berharga dan untuk keseluruhan sektor komoditas mentah.

Kunci “outside market” lainnya pada hari Rabu melihat perdagangan indeks dolar AS lebih tinggi karena bouncing korektif setelah mencapai harga rendah selama lima minggu pada Selasa. Greenback masih melemah setelah mencapai harga tinggi selama empat bulan minggu lalu.

Dalam berita semalam, data perusahaan Markit mengatakan bahwa indeks pembelian komposit manajer (PMI) zona Euro dibuka pada 53,2 pada Juli dari 53,1 pada bulan Juni. Pembacaan Juli menunjukkan iklim usaha Zona Euro tidak banyak berubah setelah voting Brexit pada akhir Juni. Pembacaan PMI di atas 50,0 menunjukkan ekspansi di sektor ini.

China’s Caixin services PMI untuk bulan Juli dibuka pada 51,7 pada Juli dari 52,7 pada Juni, demikian yang dilaporkan pada Rabu. Laporan ini membantu untuk membatasi minat beli di saham Asia.

Z

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.