Emas Turun karena Sell-Off Minyak Mentah, Optimis Investor Masih Berlangsung

Harga emas ditutup sedikit lebih rendah pada sesi perdagangan AS hari Selasa. Penurunan tajam harga minyak mentah membebani sektor komoditas mentah, termasuk pasar logam mulia, hari ini. Juga, safe-haven emas terus melihat minat beli yang terbatas di tengah umumnya sikap optimis trader dan investor selama tiga minggu terakhir. Chart emas dan perak juga masih dalam penurunan teknis. Emas Comex Februari terakhir turun $2,10 per ounce pada $1,191.50. Perak Comex Maret terakhir naik $0,08 pada $16,755 per ounce.

Beberapa data ekonomi AS dirilis optimis pada Selasa pagi dan berdampak kecil terhadap pasar logam mulia. PDB kuartal ketiga yang kuat memberikan pasar harapan untuk naik 3,2%, tahun ke tahun, sementara kepercayaan konsumen naik tinggi pada bulan November dari Oktober.

Pedagang dan investor di seluruh dunia cemas menunggu puncak pasar minggu ini: pertemuan kartel minyak OPEC pada Rabu. Pertemuan pendahuluan hari Senin melihat tidak ada kesepakatan tentang rencana untuk memangkas produksi minyak kartel, dan menekan harga minyak mentah hingga melemah tajam pada Selasa. Laporan Selasa mengatakan tidak ada kesepakatan. Arab Saudi bersikeras Iran menjadi bagian dari pengurangan kolektif dalam produksi minyak OPEC.

Ada juga ketidakpastian pasar mengenai referendum Italia 4 Desember untuk reformasi konstitusi. Voting “tidak” pada reformasi ini bisa menempatkan Italia sebagai pelanggar aturan Uni Eropa.


Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.