Emas Turun, Menyentuh Harga Terendah Selama 2 Pekan

Harga emas ditutup lebih rendah dan menyentuh harga terendah selama dua pekan pada hari Kamis di sesi perdagangan AS. Pasar saham dunia yang sedang meningkat minggu ini menempatkan tekanan harga downside yang signifikan terhadap pasar emas safe haven. Indeks dolar AS yang lebih tinggi pada hari ini (26/1) juga merupakan outside market negatif terhadap logam mulia. Emas Comex Februari terakhir turun $8,20 per ounce pada $1,189.60. Perak Comex Maret terakhir turun $0,16 pada $16,82 per ounce.

Fitur di pasar minggu ini adalah rallynya pasar saham dunia, dipimpin oleh indeks saham AS yang mencapai rekor tertinggi lagi pada hari Kamis. Indeks saham Asia dan Eropa juga sebagian besar lebih tinggi pada hari Kamis, dengan beberapa indeks berada di atau dekat dengan level tertinggi bulanan atau tahunan. Dow Jones Industrial Average AS terdorong di atas 20.000 untuk pertama kalinya pada hari Rabu, yang kemungkinan akan menarik lebih banyak perhatian dari masyarakat umum dan bisa mengundang lebih banyak permintaan jangka dekat untuk saham.

Sebagian besar pasar Asia tutup pada Jumat untuk liburan, dengan China yang juga tutup sebagian besar pada minggu depan untuk liburan tahun baru lunar.

Indeks dolar AS lebih tinggi pada hari Kamis karena bouncing korektif setelah menyentuh harga terendah selama enam minggu pada hari Rabu.

Kunci “outside market” lainnya pada hari Kamis melihat harga minyak mentah Nymex yang lebih tinggi meskipun laporan persediaan minyak mingguan AS bearish pada hari Rabu yang menunjukkan kenaikan stok.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.