Emas Turun, Namun Oversold dan Akan Rebound

Harga emas dan perak sedikit lebih rendah pada perdagangan sore AS hari Rabu. Emas mencapai level terendahnya selama enam bulan dan perak turun ke level terendahnya selama tujuh minggu hari ini. Namun, pasar emas saat ini mengalami oversold pada basis teknis jangka pendek karena rebound korektif yang akan segera terjadi. Juga, rally besar dalam minyak mentah baru-baru ini adalah petunjuk yang kuat bahwa sektor komoditas mentah telah mencapai titik terendahnya dan akan melihat hari-hari yang lebih baik di depan. Emas berjangka Agustus terakhir turun $4,30 per ounce pada $1,255.50. Perak Comex Juli terakhir turun $0,105 pada $16,145 per ounce.

Ada kekhawatiran yang berkepanjangan tentang perang perdagangan global di antara ekonomi utama yang membebani pasar ekuitas global. Namun, sebagian besar tidak akan mempertimbangkan lingkungan perdagangan tersebut sebagai “risk-averse” pada saat ini — setidaknya tidak cukup untuk meningkatkan pasar safe-haven emas dan perak.

Kunci “outside market” hari ini menemukan indeks dolar AS lebih tinggi. Hal itu merupakan elemen bearish untuk logam hari ini. Namun, harga minyak mentah Nymex menguat lebih tinggi, mencapai harga tertingginya selama tiga tahun, dan diperdagangkan di atas $73,00 per barel untuk sementara waktu. AS pada Selasa mengatakan akan “zero tolerance” terhadap Iran yang mengekspor minyaknya ke negara lain.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.