The Fed Kembali Tunda Kenaikan Suku Bunga, Harga Emas Menguat Dalam Jangka Pendek

Bisnis.com, JAKARTA — Harga emas diprediksi terus menguat untuk jangka pendek setelah Federal Reserve kembali menunda kenaikan suku bunganya pada pertemuan yang berakhir dini hari.

Pada penutupan perdagangan kemarin, harga emas melonjak 1,1% menjadi US$1.131 per troy ounce, sedangkan untuk perdagangan hari ini sampai pukul 6:50 WIB, harga emas Gold Spot masih melanjutkan penguatan sebesar 0,01% menjadi US$1.131,61 per troy ounce. Dalam tiga hari perdagangan terakhir harga emas telah menguat sebesar 2,35%.

Dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang berakhir dini  hari. Federal Reserve (the Fed) memutuskan tetap bertahan dengan suku bunga rendah. Alasannya, inflasi Amerika Serikat (AS) pada Agustus benar-benar di bawah target dari bank sentral Negeri Paman Sam tersebut. Pada Agustus, inflasi AS tercatat -0,1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Ditambah pertumbuhan ekspor AS sedang memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu disebabkan oleh posisi dolar AS yang terlalu tinggi sehingga daya tawar produk paman sam kurang menarik minat pasar.

Data tenaga kerja pada Agustus pun mengalami penurunan, seperti non-farm payroll (NFP) yang pertumbuhannya turun di bawah 200.000.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi China disebut menjadi pertimbangan the Fed untuk kembali menunda kenaikan suku bunga.

Namun, lagi-lagi the Fed memberikan proyeksi yang spekulatif lagi dan masih abu-abu bahwa suku bunga akan tetap dinaikkan pada akhir tahun ini. Perkiraan abu-abu the Fed itu akan berpeluang menjadi sentimen negatif untuk harga emas dan mata uang global karena pasar kembali berspekulasi dengan ketidakpastian.

Suluh Wicaksono, analis PT Millenium Penata Futures, menuturkan bila the Fed kembali menunda kenaikan suku bunga pada bulan ini, biasanya secara historis tidak akan ada kenaikan suku bunga pada Desember. Dengan data ekonomi sampai kuartal ketiga belum siap berarti mustahil untuk the Fed menaikkan suku bunga. (market.bisnis.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.