Fed Masih Tahan Suku Bunga, Harga Emas LLG Melompat

Pada penutupan perdagangan Jumat dini hari tadi harga emas berhasil melanjutkan kenaikan dengan mantap (18/9). Harga logam mulia pagi ini masih menunjukkan potensi menguat memasuki sesi ketiga berturut-turut. Dorongan beli di pasar emas disebabkan oleh keputusan Fed untuk mempertahankan suku bunga acuan di level paling rendah sepanjang sejarah.

Malam tadi harga emas sempat menyentuh posisi paling tinggi dalam dua minggu. Fed mengatakan bahwa suku bunga masih ditahan rendah karena bank sentral berpendapat bahwa peningkatan kondisi sektor tenaga kerja di Amerika Serikat belum cukup kokoh untuk menahan kenaikan suku bunga acuan saat ini.

Menguatnya harga emas juga tidak terpisahkan dari penurunan dollar. Indeks dollar langsung terpukul setelah bank sentral mengatakan suku bunga acuan masih ditahan. Kondisi ini dimanfaatkan oleh para investor emas untuk meningkatkan aksi beli.

Harga emas telah mengalami kenaikan mantap selama beberapa tahun belakangan karena suku bunga acuan di Amerika Serikat dipertahankan pada rekor terendah. Saat ini Fed telah memberikan sinyal akan mulai menaikkan suku bunga acuan tersebut sehingga harga komoditas ini sempat mengalami tekanan jual.

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangannya dengan membukukan kenaikan signifikan sebesar 1 persen pada posisi penutupan 1.130,96 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut sempat menguat tajam ke level paling tinggi sejak tanggal 3 September lalu.

Harga emas berjangka Comex justru menderita kekalahan pada perdagangan malam tadi. Harga kontrak Desember ditutup turun 0,2 persen di posisi 1.117 dollar per troy ons sebelum Fed mengeluarkan keputusannya.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan pergerakan menguatnya. Keengganan Fed menaikkan suku bunga acuan dalam waktu dekat membuat semangat di pasar emas kembali.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.135 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.140 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.125 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.120 dollar. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.